Halaman

Selasa, 06 Desember 2011

Pelajaran 26 : Studi Kifu


Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan Shougi anda. Bisa dengan cara bermain (melawan AI atau melawan manusia lainnya, online atau offline). Bisa juga dengan menyelesaikan problem Shougi.
Kali ini saya akan mencoba membantu anda untuk meningkatkan kemampuan Shougi anda dengan cara lain, yakni studi Kifu (game record). 
Ada 3 sumber yang akan saya bahas :

Shogi Viewer
Shogi Viewer adalah software yang berisi kumpulan kifu pemain Pro Jepang. Koleksi kifunya mulai dari tahun 80an sampai tahun 2008. Anda bisa download software ini di alamat :

http://lysenka.net/shogi/20/f/ShogiViewer2.1.10f.zip
 
Setelah anda unzip, maka segera jalankan program (tidak butuh diinstall). Setelah anda menjalankan programnya, untuk browsing kifunya cukup dengan memilih kifu by year (ada di bagian kiri dari papan, yakni bagian section). Setelah anda buka tab “by year”, akan muncul daftar tahun-tahun yang bisa anda pilih. Pilih salah satu tahun, dan anda akan dihadapkan pada pilihan-pilihan baru, yakni pilihan bulan-bulan pada tahun terpilih. Pilih salah satu bulan, dan sekarang di bagian bawah dari papan, akan muncul pilihan-pilihan kifu yang bisa anda pilih. Pilih salah satu game, maka anda siap replay kifunya. Panel untuk mereplay kifu ada di bagian kanan atas (di atasnya game info).

Pada panel bagian bawah dari papan, setelah anda memilih bulan yang akan anda lihat kifunya, maka anda bisa memilih list kifu-kifu yang dimainkan pada bulan dan tahun yang sudah anda pilih. Pada panel tersebut, selain ada nama pemain yang bertanding, juga ada type pertandingan berdasarkan Joseki yang mereka pakai. Berikut penjelasannya :

  1. Nakabisha. Salah satu pemain menggunakan strategi Ibisha, dan pemain lainnya menggunakan strategi Furibisha dengan jenis Nakabisha.
  2. Shikenbisha. Salah satu pemain menggunakan strategi Ibisha, dan pemain lainnya menggunakan strategi Furibisha dengan jenis Shikenbisha.
  3. Sankenbisha / Sangenbisha. Salah satu pemain menggunakan strategi Ibisha, dan pemain lainnya menggunakan strategi Furibisha dengan jenis Sankenbisha / Sangenbisha.
  4. Mukaibisha. Salah satu pemain menggunakan strategi Ibisha, dan pemain lainnya menggunakan strategi Furibisha dengan jenis Mukaibisha.
  5. Aifuribisha. Kedua pemain menggunakan strategi Furibisha.
  6. Aigakari. Kedua pemain menggunakan strategi Ibisha.
  7. Yokofudori. Kedua pemain menggunakan strategi Ibisha.
  8. Kakugawari. Kedua pemain menggunakan strategi Ibisha.
  9. Hineribisha. Kedua pemain menggunakan strategi Ibisha.

Blog Yamajunn
Untuk mengaksesnya anda bisa mengunjungi alamat www.yamajunnshoginews.blogspot.com
Blog ini menggunakan notasi Internasional tertulis, dan hanya menampilkan gambar posisi tiap beberapa langkah saja. Namun di tiap kifunya pasti ada gambar dari langkah terakhir.

81 Dojo
81 Dojo juga punya fasilitas untuk me-replay kifu. Anda bisa replay kifu dengan 2 cara. Cara pertama adalah cara eksternal, yakni replay tanpa harus login. Caranya adalah dengan mengunjungi link pertandingan. Bagaimana caranya meng-create link pertandingan di 81 Dojo, bisa anda pelajari pada Pelajaran 25. Cara kedua adalah cara internal, yakni replay kifu ketika anda sedang login. Caranya adalah dengan menggunakan fitur search (tombol bergambar kaca pembesar, ketika anda ada di lobby).
Tentu saja karena ini adalah server yang sering dikunjungi para pemain amatir, maka anda tidak bisa menemukan kifu dari para pemain Pro di sini. Namun anda tetap bisa mempelajari langkah-langkah pemain amatir yang kuat seperti pemain amatir dari Jepang, Prancis, Polandia, atau negara lainnya.

Apakah yang harus anda pelajari dari Kifu?
  1. Pelajari strategi opening (terutama soal Kakoi dan bagaimana cara menghimpun serangan pada babak ini)
  2. Jika anda mau, anda bisa coba pelajari middlegame. Replay kifu satu per satu langkah, secara perlahan-lahan. Jangan lihat langsung langkah berikutnya. Cobalah tebak kira-kira apa langkah selanjutnya.
  3. Yang terutama, setidaknya menurut saya, adalah pelajari di bagian endgame. Terutama adalah mengapa pemain yang kalah itu menyerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar