Halaman

Selasa, 22 November 2011

Pelajaran 18 : Mendadak Tsumi


Pada pelajaran-pelajaran sebelumnya, anda sudah belajar bagaimana cara menciptakan Tsumero. Namun tahukah anda bahwa lawan anda juga dapat menciptakan Tsumero untuk anda? Ya, dengan melakukan kesalahan sendiri (blunder), mereka seolah-olah telah membantu anda dalam menciptakan Tsumero.
Lewat pelajaran ini, saya mengajak anda belajar bagaimana mengambil peluang Tsumi yang muncul secara tiba-tiba (dadakan), sebagai akibat kesalahan lawan. Kita akan belajar lewat contoh kasus. 

Keterangan gambar : Kei Sente (1d), Gin Sente (1c), Gin Gote (2a), Gyoku Gote (1a), Fu Gote (6c). Bidak yang dapat di Drop Sente : tidak ada. Bidak yang dapat di Drop Gote : tidak ada.
Berdasarkan gambar di atas, jelas kita bisa katakana bahwa posisi Sente belum Tsumero. Petak 2b memang nilainya -1, namun karena Sente tidak bisa Drop Kaku, Gin, atau Kin maka posisinya belum Tsumero. Jika anda belum paham apa maksud saya ini, artinya anda belum memahami pelajaran tentang Yose Strategy pada Pelajaran 9 dan 10.

Apabila sekarang giliran Gote, Gote harus melakukan 1 dari 4 langkah berikut ini sebagai gerakannya. Empat kemungkinan langkah itu adalah :
-Fu 6c ke 6d
-Gin 2a ke 1b
-Gin 2a ke 2b
-Gin 2a ke 3b
Gote tidak bisa menggerakkan Gyokunya karena tidak ada petak A Bebas yang bisa dituju pada IP nya.
Langkah yang benar untuk Gote adalah Fu 6c ke 6d. Namun apa yang terjadi apabila Gote menggerakkan Gin nya (dari 2a ke 1b, 2b, atau 3b)? Yang terjadi adalah Gote melakukan kesalahan sendiri (blunder). Gote bahkan membantu Sente menciptakan posisi Tsumero. Mengapa demikian? Itu karena apabila Gin bergerak, maka Gote melemahkan petak 2b. Petak 2b pada gambar nilainya -1, apabila Gin bergerak maka nilainya -2. Dan saya yakin anda pasti tahu langkah apa yang akan dimainkan Sente apabila Gote menggerakkan Gin nya.

Tsumi juga bisa terjadi jika Ukekata (pemain bertahan) melakukan kesalahan Uke dari Ote lawannya yang sebenarnya Ote itu belum Tsumi. 
Keterangan gambar : Fu Sente (5d), Gin Sente (5c), Gyoku Gote (5b), Kin Gote (3a dan 7a). Bidak yang dapat di Drop Sente : 1 Gin. Bidak yang dapat di Drop Gote : tidak ada.
Pada gambar di atas, Gin Sente 5c terlihat menyerang Gyoku Gote 5b, OTE! Bisa saya pastikan, Ote ini belumlah Tsumi. Gote bisa meng-Uke Ote ini dengan satu dari 4 kemungkinan langkah ini dengan aman :
-Gyoku 5b ke 4a
-Gyoku 5b ke 6a
-Gyoku 5b ke 4c
-Gyoku 5b ke 6c
Namun apa yang terjadi apabila Gote malah meng-Uke Ote itu dengan Gyoku 5b ke 5a? Tentu saja Gote membuat kesalahan fatal. Ia sama saja sudah memberikan kesempatan kepada Sente untuk menciptakan Tsumi. Dan saya yakin anda tau bagaimana cara Sente mengambil peluang Tsumi tersebut ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar