Halaman

Kamis, 10 November 2011

Pelajaran 5 : Drop



Drop (dalam bahasa Jepang disebut Utsu atau Uchi) berarti mengembalikan bidak lawan yang sudah tertangkap, ke atas papan (di petak kosong). Seperti yang sudah anda pelajari di Pelajaran 3 tentang pengaruh bidak, bahwa bidak lawan yang ada di petak yang terpengaruh oleh bidak, dapat ditangkap. Bidak penangkap akan menempati petak yang tadinya ditempati oleh bidak tertangkap, dan bidak yang tertangkap akan jadi milik pemain penangkap. Bidak tersebut dapat dikembalikan ke atas papan oleh pemain penangkap tersebut dan bertarung bagi si pemain penangkap. 

Contohnya adalah sebagai berikut : misal sekarang giliran Sente. Sente menggerakkan Fu nya untuk menangkap Kei lawan. Kemudian pada langkah selanjutnya, Gote melakukan langkah. Dan pada giliran berikutnya, adalah giliran Sente. Sente dapat Drop Keima yang ditangkap pada giliran selanjutnya, atau menggerakkan bidak yang di papan.

Mengenai Utsu :
-Utsu tidak dapat langsung dilakukan setelah bidak lawan tersebut tertangkap
-Dalam setiap giliran, hanya boleh sekali Utsu. Itu artinya dalam setiap giliran, anda diberi pilihan untuk menggerakkan bidak anda di papan atau Drop bila memungkinkan.
-Sekali Utsu, hanya boleh satu bidak
-Karena semua bidak lawan (yang sudah berpromosi) apabila tertangkap maka dia kembali ke bentuk asal, maka semua yang di-Drop pastilah bentuk aslinya. Jadi tidak boleh Utsu dalam bentuk promosi langsung.
-Drop di Zona Promosi tidak akan menyebabkan Promosi langsung. Barulah apabila bidak tersebut bergerak, maka baru boleh atau harus berpromosi.

Untuk Gin, Kin, Kaku, dan Hisha, anda boleh Drop di mana saja (di sepanjang petak kosong) dan kapan saja, selama memang bidak tersebut ada di Zona Drop (Zona Drop adalah tempat penyimpanan bidak lawan yang sudah ditangkap. Semua bidak yang ada di Zona Drop ini dapat di Drop)

Sementara untuk Fu, Kyo, dan Kei, tidak semua petak kosong dapat dijadikan sasaran Drop. Ada 3 aturan yang berhubungan dengan Drop ini. Namun di Pelajaran ini kita hanya akan membahas 2 aturan saja. Sedangkan satu aturan lagi akan dibahas saat membahas tentang Yose atau Strategi babak akhir.

Aturan DNA
Aturan DNA (Drop No AGP) adalah aturan yang melarang Drop Fu, Kyo, dan Kei di tempat-tempat yang memungkinkan bidak-bidak tersebut tidak lagi punya petak yang dapat dipengaruhi. Seperti yang sudah anda pelajari sebelumnya, bahwa Drop di Zona Promosi tidak akan mengakibatkan langsung Promosi.
Artinya jika anda Drop Fu di ZP Dalam, Drop Kyo di ZP Dalam, Drop Keima di ZP Dalam, atau Drop Keima di ZP Tengah, maka bidak-bidak itu tidak lagi punya petak yang dapat dipengaruhi (karena drop tidak boleh langsung mengakibatkan promosi). Maka Drop-drop :
-Fu di ZP Dalam
-Kyo di ZP Dalam
-Keima di ZP Dalam
-Keima di ZP Tengah
adalah dilarang!

Aturan Double Pawn (Nifu)
Aturan yang kedua adalah aturan Double Pawn (dalam istilah Jepang disebut Nifu). Aturan ini melarang setiap pemain untuk Drop Fu di File yang masih terdapat Fu sendiri. Apabila di File tersebut terdapat Fu lawan, atau terdapat Tokin sendiri, tentu Drop Fu diperbolehkan.

Perhatikan gambar di atas! Berdasarkan gambar di atas, di petak mana saja Sente dapat Drop Fu nya?
Sente tidak dapat Drop Fu di Rank a (1a, 2a, 3a, 4a, 5a, 6a, 7a, 8a, dan 9a) karena itu adalah ZP Dalam (dilarang oleh Aturan DNA).
Sente tidak dapat Drop Fu di File 1 (1b, 1c, 1e, 1f, 1h, dan 1i) karena ada Fu sendiri di 1g.
Sente juga tidak dapat Drop Fu di File 5 (5b, 5c, 5d, 5e, 5f, 5h, dan 5i) karena terdapat Fu sendiri di petak 5g.
Sente tidak dapat Drop Fu di File 6 (6b, 6c, 6e, 6f, 6g, 6h, dan 6i) karena terdapat Fu sendiri di 6d.
Sente tidak dapat Drop Fu di File 7 (7b, 7c, 7d, 7f, 7g, dan 7i) karena terdapat Fu sendiri di 7h.
Sente tidak dapat Drop Fu di File 8 (8b, 8c, 8d, 8e, 8f, 8h, dan 8i) karena terdapat Fu sendiri di 8g.
Sente dapat Drop Fu di File 2 (2b, 2c, 2d, 2e, 2f, 2h, dan 2i) karena yang ada di 2g adalah Tokin. Jadi di File 2 tidak terdapat Fu Sente.
Sente dapat Drop Fu di File 4 (4b, 4c, 4d, 4e, 4f, 4g, 4h, dan 4i) karena tidak ada Fu Sente sama sekali di File 4.
Sente juga dapat Drop Fu di File 9 (9b, 9d, 9e, 9g, 9h, dan 9i) karena yang ada di petak 9f adalah Tokin Sente dan bukan Fu. Jadi di File 9 tidak ada Fu Sente sama sekali.

Jika anda sudah paham, maka anda bias coba sendiri untuk menebak (berdasarkan gambar di atas tersebut) di petak mana saja Gote dapat Drop Fu nya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar