Halaman

Selasa, 29 November 2011

Pelajaran 25 : 81 Dojo


Cara Registrasi Website 81 Dojo

1. Pertama-tama buka website http://81dojo.com
2. Klik “My Account” yang ada di bagian kiri dari halaman awal website 81Dojo tersebut
3. Pilih “Sign Up”
4. Masukkan username yang anda pilih pada kolom “81Dojo Nickname”, pilih “Country” Indonesia, masukkan e-mail anda yang ingin anda daftarkan pada kolom “E-mail”, masukkan password yang anda pilih untuk login nantinya pada kolom “Password” dan masukkan lagi pada kolom “Password confirmation”
5. Setelah selesai, klik tombol “Sign Up”
6. Setelah proses registrasi selesai, maka silahkan kembali ke halaman utama dengan kembali akses http://81dojo.com

Cara Login Website 81 Dojo

1. Setelah anda berhasil registrasi, kembalilah ke halaman awal dengan akses ke http://81dojo.com
2. Kali ini klik tombol bertuliskan “Play!”, yang letaknya di bagian kiri, dan berada di bawah “My Account”
3. Setelah loading progress selesai maka tampilan akan seperti ini  
 
4. Isikan username anda pada kolom “Login Name” dan isikan password anda pada kolom “Password”. Jangan klik tombol “Login” dulu.
5. Pilih servernya. Jika anda ingin bermain Shogi melawan pemain di seluruh dunia, masuklah ke Server Earth, yang paling ramai. Tapi jika anda ingin mengadakan pertemuan dengan teman2 seklub anda di 81 Dojo, mungkin anda butuh Server yang lebih sepi. Pilihlah Server Venus. Server lainnya tidak dapat diakses.   

Panduan Bertanding Shogi di 81 Dojo

1. Setelah anda masuk ke Server (Earth atau Venus), maka tampilan yang akan anda jumpai adalah seperti gambar di bawah ini. Room pertama ini disebut Lobby. 
 
2. Gambar di atas akan saya beri penjelasan sebagai berikut :
 
A adalah daftar pemain-pemain yang sedang online. Anda dapat melihat info nama username mereka, asal negara mereka, rank mereka, dan status online mereka (kolom “Stat” paling kiri). Ada beberapa inisial pada kolom “Stat” yang menunjukkan status online mereka.
W artinya pemain tersebut sedang mencari lawan.
G artinya pemain tersebut sedang bertanding.
M artinya pemain tersebut sedang memonitor (menyaksikan) salah satu pertandingan yang sedang berlangsung.

B adalah jendela yang berisi informasi tentang server 81Dojo serta jendela utama chatting di lobby. Daftar pertandingan yang baru saja dimulai, dan nama-nama mereka yang baru saja masuk (login) ke server akan diinfokan di sini.

C adalah jendela yang berisi daftar pemain yang sedang menunggu lawan. Ada 5 informasi yang harus anda ketahui di sini, yakni ada “Waiting Player” yang merupakan nama-nama (username) mereka yang sedang online yang sedang mencari lawan bertanding, “Rate” merupakan rating dari pemain yang mencari lawan tersebut, “Time” berisikan informasi waktu berpikir pertandingan yang sudah ditentukan oleh si pemain yang menunggu lawan, “R?” menandakan apakah pertandingan tersebut masuk dapat mempengaruhi Rating (“R”) atau tidak (“NR”), dan ada juga “Handicap” yang menandakan apakah pertandingan tersebut dengan handicap atau tidak.
By the way, handicap berarti penyesuaian. Biasanya digunakan apabila seorang pemain yang kemampuannya lebih baik melawan pemain yang lebih lemah. Bentuk penyesuaiannya ada bermacam-maacam, namun intinya pemain yang lebih kuat tidak akan bermain dengan bidak tertentu sejak awal pertandingan, sementara pemain yang lebih lemah tetap bermain dengan bidak lengkap seperti biasa. Apabila tidak ada keterangan di kolom “Handicap” itu maka pertandingan adalah normal.

D adalah daftar pertandingan yang sedang berlangsung saat ini. “Rule” adalah waktu pertandingan yang digunakan. “Stat” adalah berapa langkah yang sudah dimainkan dalam pertandingan tersebut. “Mon” adalah jumlah pemain yang sedang memonitor (menyaksikan) pertandingan tersebut.

E berisikan beberapa pilihan-pilihan. 
  ini adalah tombol Refresh


anda bisa search kifu (game record) atau search info-info database yang disimpan di 81Dojo


 
dengan mengklik tombol ini, anda memberitau kepada semua pemain yang sedang online bahwa anda sedang mencari lawan. Nama anda nantinya akan masuk ke dalam list “Waiting Player”. 

  apabila anda mencari lawan, anda bisa gunakan tombol ini untuk berhenti mencari lawan. Ketika anda tidak sedang mencari lawan, tombol ini akan berwarna abu-abu dan tidak bisa anda klik. 
 tombol Option.  


  checklist untuk me-nonaktif-kan sound di 81Dojo 

  keluar dari Server


 
hampir sama dengan Log Out, keluar dari Server. Hanya saja bersifat sementara. Ketika anda mengklik tombol ini, anda bisa menentukan berapa lama lagi anda akan di log in secara otomatis, dan anda bisa tinggalkan pesan anda keluar sementara pada kolom “Message”.

Personal Info dan Pesan Pribadi

Pada Lobby (dan tidak hanya melalui Lobby tapi juga melalui room lainnya di semua server 81 Dojo), anda bisa mengklik nama-nama pemain yang online untuk melihat statistic mereka. Contoh, saya klik (double klik) username champ11 dari Hong Kong.
 
 
Gambar di atas adalah layar yang akan muncul jika anda mengklik (double-click) nama pemain. Dalam kasus ini saya mengklik username champ11 dari Hong Kong. Yang paling penting dari layar ini adalah kolom “PM” yang sebenarnya merupakan kotak chat pribadi alias personal message dari anda kepada username yang bersangkutan. Perlu diingat bahwa chat anda dengan username tersebut tidak akan diketahui oleh orang lain. Dan jika anda perlu berkomunikasi seseorang pemain sesama pemain Indonesia sudah pasti yang anda gunakan adalah bahasa Indonesia. Jadi gunakan saja Personal Message (PM) dan jangan gunakan chatbox utama (kolom B) pada Lobby.
Gunakan chatbox pada lobby dengan baik dan benar (dan gunakan bahasa Inggris, karena bahasa ini yang paling universal dimengerti di server 81 Dojo).
Apabila seseorang PM anda, maka chat PM nya juga akan nampak di layar chatbox utama lobby dengan didahului suara “cling” dan tulisan chat berwarna biru (chat didahului tulisan PM dan dilanjutkan nama pemain yg mem PM anda).

Pada “Personal Info” (layar yang muncul setelah anda double-click username) anda akan melihat 6 tombol di baris bawah.
  untuk melihat informasi yang bersangkutan dengan lebih detil lagi.

 
untuk mengajak pemain tersebut bertanding dengan anda. Namun anda harus berstatus “Waiting” (mencari lawan) terlebih dahulu, atau pemain yang bersangkutan sedang berstatus “Waiting”. Apabila tulisan “Challenge” berwarna abu-abu, itu berarti pemain yang bersangkutan sedang bertanding, sehingga anda tidak bisa menantang pemain tersebut. Normalnya (apabila bisa ditantang) tulisan “Challenge” berwarna hitam.
  menjadikan pemain yang bersangkutan sebagai favorit anda.

  menjadikan pemain yang bersangkutan masuk sebagai daftat black list anda. Sebisa mungkin anda tidak usah pergunakan tombol ini

  tulisan “Allow” akan senantiasa berwarna abu-abu (tidak bisa diklik alias tidak berfungsi). Hanya ada satu kondisi untuk membuat tombol ini berfungsi. Simak penjelasannya pada bagian Review Pertandingan.

  apabila anda checklist tombol ini, maka anda bisa melihat daftar percakapan pribadi (PM) anda dengan pemain yang bersangkutan.


Cara Mengajak Bertanding (Waiting Player)

Klik pada Lobby. Akan muncul menu baru seperti ini.
 
Aka nada pilihan waktunya. Untuk pertandingan di divisi A, B, dan C, waktu yang dipergunakan adalah 15 menit dengan tambahan waktu 60 detik (sudah terpilih secara otomatis). Sementara untuk pertandingan di Turnamen Magnificient Seven adalah 45 menit 60 detik (pilihan pertama). Jika waktunya sudah anda pilih, klik “Wait for Game”. Anda akan kembali ke Lobby dengan nama anda sudah ada di daftar “Waiting Player” di kiri bawah.
Jika anda sudah ada di list Waiting Player, dan ingin menantang salah satu atau beberapa pemain yang sedang online, silahkan double-click username yang akan anda tantang. Anda akan dibawa ke menu Player Info, sekarang click “Challenge” yang ada di bagian bawah pada menu Player Info. Secara otomatis server akan mengirimkan PM tantangan dari anda kepada pemain yang anda tantang. Apabila ada pemain yang menantang anda, secara otomatis anda akan diberi pilihan “Accept” atau “Decline”. Pilih “Accept” jika anda menerima tantangan dan pilih “Decline” jika anda menolaknya. Anda akan diberikan waktu 20 detik untuk memilih. Apabila waktu 20 detik lewat, maka secara otomatis server akan men-“Decline” kan tantangan itu untuk anda.

Menantang Pemain yang Ada di Waiting Player

Caranya mudah. Cukup anda double-click nama pemain yang sedang berstatus “Waiting”. Anda bisa click di daftar pemain yang sedang online, atau daftar pemain yang sedang berstatus “Waiting” (di kiri bawah). Anda akan dibawa ke menu Player Info, pilih “Challenge”. Tunggulah selama 20 detik. Apabila dalam 20 detik tidak ada respon, maka sama saja tantangan anda ditolak.

Menonton Pertandingan

Apabila anda sedang tidak mood bermain, anda bisa tetap bershogi dengan menyaksikan pertandingan yang sedang berlangsung. Caranya cukup double-click di daftar pertandingan yang sedang berlangsung. Double –clicknya di pertandingan yang ingin anda saksikan. Akan muncul pilihan, dan pilih “Yes”, ketika kotak dialog box “Watch this game?” muncul.

Setelah anda memilih “Yes”, maka anda akan dibawa ke room pertandingan.
A adalah papan pertandingan.
B adalah semua info tentang pemain Putih (pemain yang jalan belakangan, setelah Hitam).
C adalah semua info tentang pemain Hitam (pemain yang jalan belakangan).
Untuk B dan C, info-info yang ada di sini di antaranya adalah nama pemain, bendera negara, rating pemain, bidak yang bisa didrop, dan waktu berpikir tersisa masing-masing pemain. Anda juga bisa tetap melihat “Player Info” dari pemain yang sedang bertanding. Caranya, cukup double-click nama pemain yang sedang bertanding tersebut.

D adalah “Message Panel”. Berfungsi juga sebagai kotak chatbox antar pemain yang ada di room pertandingan.

E adalah daftar pemain yang sedang menyaksikan jalannya pertandingan. Anda dapat melihat “Player Info” dari pemain yang sedang menyaksikan pertandingan itu dengan cara double-click di nama pemain tersebut.

F adalah list langkah-langkah yang sudah dimainkan sejak awal. Anda bisa melihat langkah per langkah, mulai dari langkah pertama sampai langkah terakhir.

G berisi pilihan-pilihan sebagai berikut :
untuk mengcopy notasi pertandingan ke clipboard.

  untuk men-save notasi pertandingan ke hard drive anda. Disimpan dengan format .kif

  berisi pilihan untuk meng-copy notasi pertandingannya dan langsung anda dapat publish ke Facebook atau Twitter. Anda juga bisa mengcopy-paste link pertandingan ini ke dalam url.

 
adalah kotak yang saya beri nama “Replay and Listen”. Sangat berguna bagi para pemain yang menyaksikan pertandingan ini. Pilih “Replay” apabila anda ingin menganalisa sendiri pertandingan tersebut, nantinya anda dapat memainkan sendiri pertandingan tersebut tanpa mengganggu pertandingan yang berjalan. Apabila anda ingin kembali menyaksikan jalannya pertandingan, klik kembali ke “Listen”. Begitu anda memilih untuk menyaksikan suatu pertandingan, dan ketika pertama kali masuk ke room pertandingan, secara default pilihan akan berada pada “Listen”.

H adalah control panel. Berisikan beberapa pilihan.

khusus untuk pemain yang bertanding. Klik ini apabila anda menyerah.

  untuk menampilkan hasil perhitungan Impasse yang dilakukan oleh server. Apabila anda sedang bertanding, maka dengan meng-klik tombol ini, maka anda secara otomatis dapat memutuskan untuk mengakhiri pertandingan dengan cara draw akibat Impasse, apabila kondisinya tepat.

  untuk mem-flip board. Anda bisa membuat pemain Hitam ada di posisi bawah dan Putih di atas, atau sebaliknya.

  untuk keluar dari room pertandingan dan kembali ke Lobby.


  berfungsi sama seperti rewind dan fast forward pada video atau music player anda.

  ketika anda menjadi penonton di suatu pertandingan, anda bisa memberikan opini anda kepada penonton lainnya tentang suatu langkah yang baik menurut anda seperti apa dengan cara memberi panah. Caranya tahan klik kiri pada suatu petak (pada papan), seret kursor ke petak lain dan lepaskan, maka panah akan muncul dari tempat anda menahan klik kiri menuju ke tempat di mana klik kiri anda dilepaskan. Pilihan Arrow pada Control Panel ini berfungsi untuk memilih warna panah yang akan digunakan. Sementara pilihan “Clear” berarti menghapus anak panah yang anda buat. Kalau panah anda ingin dilihat penonton lain, pastikan board dalam keadaan “Listen” dan bukan “Replay”. Dan pada mode pertandingan non-Rated, pemain yang bertanding (selain dapat membaca chat antar penonton) sepertinya juga dapat melihat panah. Jadi anda harus perhatikan baik-baik mode pertandingannya. Anda bisa melihat mode pertandingan ini di “Message Panel”. Post pertama yang anda akan lihat biasanya adalah mode pertandingan.

  adalah untuk kembali ke Lobby tanpa mematikan room pertandingan. Ini khususnya untuk para pemain yang sedang bertanding. Apabila mereka keluar dan kembali ke Lobby dengan tombol “Exit” (yang berlogo pintu), maka mereka akan dianggap melarikan diri dari pertandingan (dan anda diberi waktu untuk reconnect). Tombol “Check Lobby” membuat anda dapat kembali ke Lobby kapan saja untuk mengecek siapa saja yang sedang online, tanpa harus keluar dari pertandingan. Waktu akan tetap berjalan dan anda tetap dapat mendengar suara pemain yang baru saja melangkahkan bidaknya meski anda berada di Lobby. Apabila anda ingin masuk kembali ke pertandingan klik tombol “Back to Game” yang ada di sebelah kanan dari “Log Out” pada Lobby.

Pertandingan Rated dan Non Rated

Tipe pertandingan di 81 Dojo ada dua macam, yakni Rated dan Non-Rated. Perbedaan mendasarnya adalah :
1. Hasil dari pertandingan Rated akan berpengaruh pada Rating anda. Sementara pada pertandingan Non-Rated, apapun hasilnya tidak akan berpengaruh.
2. Pada pertandingan Rated, pemain yang bertanding (kedua pemain) tidak dapat melihat diskusi atau chattingan dari para penonton yang sedang menyaksikan pertandingan, sedangkan watcher tetap dapat menyaksikan chat antar pemain. Sementara pada pertandingan Non-Rated semua yang ada di room pertandingan dapat menyaksikan chattingan dari siapapun juga yang ada di room itu.  
3. Jangan kira apabila anda sebagai penonton memberitau langkah kepada pemain yang bertanding (dalam pertandingan Rated) lewat PM anda tidak akan ketahuan. Itu karena apabila anda PM salah satu pemain yang bertanding di room itu, server akan menginfokannya kepada semua yang ada di room pertandingan itu lewat kotak chatbox yang ada di room pertandingan. Jadi sportiflah!

Review Setelah Pertandingan

Setelah pertandingan berakhir, maka pertandingan tersebut akan masuk ke mode Review. Pada pertandingan Rated, pemain yang bertanding kini dapat melihat chat dari semua pemain yang ada di room tersebut. Salah satu pemain akan menjadi Host dalam pertandingan ini. Papannya akan dishare kepada seluruh pemain yang ada di room pertandingan tersebut. Pemain yang tidak menjadi Host (hanya menjadi penonton saja), dapat mengikuti penjelasan dari Host dengan memilih “Listen” atau dapat menganalisa sendiri dengan memilih “Replay”.

Fungsi Host :
-Papannya akan dishare ke seluruh pemain yang ada di room pertandingan tersebut.
-Dapat menavigasi pertandingan ke langkah-langkah tertentu dalam pertandingan, missal langkah ke 20, langkah ke 35, dan sebagainya.
-Dapat memilih pemain-pemain yang ada di room tersebut untuk menjadi Sub-Host. Caranya double-click pemain yang ingin dijadikan Sub-Host dan pilih “Allow”.
-Tidak dapat menganalisa sendiri (Replay). Semua analisa yang dia lakukan otomatis dapat dilihat oleh semua pemain yang ada di room itu.

Fungsi Sub-Host :
-Sub-Host tetap ikut papan Host ketika “Listen”. Namun Sub-Host dapat menggerakkan bidak, ketika mode “Listen”.
-Apabila Sub-Host mencoba menavigasi pertandingan ke langkah-langkah tertentu, maka modenya otomatis berubah menjadi “Replay”. Ini dikarenakan Sub-Host tidak punya kekuasaan untuk share boardnya.

Watcher :
-Dapat memilih untuk menganalisa sendiri (Replay) atau ikut analisa yang dipimpin Host (Listen)
-Ketika dalam mode Listen, Watcher tidak dapat menggerakkan bidak. Namun masih dapat member arrow dan arrownya dapat dilihat semua pemain yang ada di room itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar