Halaman

Jumat, 18 November 2011

Pelajaran 11 : Belajar Mengenali Ote (Part 1)


Pada pelajaran-pelajaran sebelumnya, anda sudah mengenal apa itu Ote bukan? Ya, Ote adalah sebuah langkah menuju Gyoku (Raja) lawan. Dengan kata lain, Ote adalah ancaman terhadap Gyoku lawan. Atau jika kita menggunakan bahasa Seme dan Uke (menyerang dan bertahan), maka Ote didefinisikan sebagai menyerang (Seme) Gyoku lawan.  
Gyoku yang terkena Ote, harus di-Uke (bertahan / direspon) oleh pemilik Gyoku tersebut. Ada Ote yang tidak bias di-Uke, dan ada yang bisa di-Uke. Ote yang tidak bisa di-Uke lagi berarti sudah Tsumi (secara khusus, Ote jenis itu disebut Finishing Blow).
Semua hal yang sudah saya sampaikan itu, hanya mengulang pelajaran sebelumnya saja. Jadi anda pasti tidak akan susah memahaminya.

Kali ini kita akan belajar tentang Ote secara lebih mendetil.
Ote dapat berbuah menjadi Tsumi. Ote yang adalah Tsumi adalah :
-Ote yang sama sekali tidak dapat di-Uke, atau
-Ote yang masih bisa di-Uke tapi semua Ukenya pasti berbuah jadi Tsumi

Sedangkan Ote yang bukan Tsumi adalah :
-Ote yang semua Uke-nya pasti tidak dapat berbuah jadi Tsumi, atau
-Ote yang sebagian Uke-nya dapat berbuah jadi Tsumi, tapi ada sebagian lain yang tidak bisa berbuah jadi Tsumi

Untuk memudahkan kita belajarnya, pada pelajaran kali ini keempat macam Ote itu akan saya bagi ke dalam 4 jenis.
Jadi Ote jenis 1 adalah Ote yang sama sekali tidak dapat di-Uke.
Ote jenis 2 adalah Ote yang masih bisa di-Uke, tapi semua Ukenya pasti berbuah jadi Tsumi.
Ote jenis 3 adalah Ote yang semua Uke-nya pasti tidak dapat berbuah jadi Tsumi.
Dan Ote jenis 4 adalah Ote yang sebagian Uke-nya dapat berbuah jadi Tsumi, tapi ada sebagian lain yang tidak bisa berbuah jadi Tsumi.
Ote jenis 1 dan 2 tergolong sebagai Tsumi, sedangkan Ote jenis 3 dan 4 tidak tergolong sebagai Tsumi.
Saya akan buatkan contohnya satu per satu. Namun saya akan bagi ke dalam 2 pelajaran, yakni pelajaran 11 dan 12. Pada pelajaran 11 saya akan berikan contoh Ote jenis 4 dan 3.

Oke, saya mulai dari Ote jenis 4, yakni Ote yang sebagian Uke-nya dapat berbuah jadi Tsumi dan sebagian Uke lainnya tidak dapat berbuah jadi Tsumi.
Keterangan gambar : Kaku Sente (5f dan 2a), Kei Sente (3d), Fu Gote (6c, 5c, 2c, dan 1c), Kyo Gote (1a), Kin Gote (1d), Gin Gote (6b), Gyoku Gote (3b).
Bidak yang ada di luar papan adalah bidak yang dapat di Drop oleh masing-masing pemain. Berarti yang dapat di Drop Sente ada 2 buah Kin. Sedangkan yang dapat di Drop Gote ada 14 buah Fu, 3 buah Kyo, 3 buah Kei, 3 buah Gin, dan 2 buah Hisha.
Pada gambar di atas, terlihat bahwa Kaku Sente sedang menyerang Gyoku Gote (Ote). Ote ini adalah Ote jenis ke-4. Mengapa? Sebelum saya bahas mengapa Ote ini adalah jenis ke-4, saya akan ajak anda untuk melihat Uke apa saja yang bisa dimainkan Gote berdasarkan gambar tersebut.

Ada 4 macam Uke yang bisa dimainkan oleh Gote. Yakni :
-Gyoku Gote 3b tangkap Kaku Sente 2a
-Gyoku Gote 3b ke petak 3a
-Gyoku Gote 3b ke petak 4a
-Gyoku Gote 3b ke petak 3c

Tahukah anda bahwa 3 Uke pertama adalah Tsumi, sedangkan Uke terakhir tidak akan berbuah jadi Tsumi? Oke kita buktikan.
Kalau Gyoku Gote 3b tangkap Kaku Sente 2a, maka Sente tinggal Drop Kin di 2b dan Ote tersebut sudah tidak dapat lagi di-Uke.
Kalau Gyoku Gote 3b ke petak 3a, maka Sente tinggal Drop Kin di 3b dan Ote tersebut sudah tidak dapat lagi di-Uke.
Yang agak panjang adalah ketika Gyoku Gote ke petak 4a. Kira-kira langkah Ote dari Sente apa yang harus dimainkan? Yang jelas, langkah Ote ini juga tetap masih bisa di-Uke.

Ya benar, Sente drop Kin di 4b. Memaksa Gote melakukan satu-satunya Uke yang bisa dimainkan (Kin 4c tangkap Kin Sente di 4b). Dan berikutnya Kei Sente 3d tangkap Kin Gote 4b (Nari). Lagi-lagi, Gote dipaksa melakukan satu-satunya Uke, yakni Gyoku 4a tangkap Narikei Sente 4b. Setelah itu posisinya akan seperti ini.
Pada kondisi di atas, Sente tetap bisa Drop 2 Kin kan? Ingat, meski tadi Sente sudah Drop 1 Kin tapi Sente juga berhasil menangkap Kin Gote (yang penangkapannya dilakukan oleh Keima Sente) sehingga Kin yang bisa di Drop Sente tetap 2. Dalam kondisi seperti gambar di atas, dan ditambah Sente bisa Drop 2 Kin, maka Tsumi pasti terjadi dengan cara Drop Kin di 4c. Memang Ote itu masih bisa di Uke oleh Gote. Tapi Gote dipaksa untuk memilih 1 dari 3 kemungkinan Uke nya (yakni Gyoku 4b ke 5a, Gyoku 4b ke 4a, atau Gyoku 4b ke 3a) dan apapun yang dipilih oleh Gote, Ote Sente berikutnya sama sekali tidak akan bisa di-Uke (Finishing Blow).
Kalau Gote memilih Gyoku 4b ke 5a, Sente tinggal Drop Kin di 5b.
Kalau Gote memilih Gyoku 4b ke 4a, Sente tinggal Drop Kin di 4b.
Kalau Gote memilih Gyoku 4b ke 3a, Sente tinggal melangkahkan Kin 4c ke 3b atau Kaku 2a ke 3b Nari.

Kita kembali ke gambar soal.
 
Sekarang anda sudah tahu mengapa 3 kemungkinan Uke Gote (yakni Gyoku 3b tangkap Kaku Sente 2a, Gyoku 3b ke 3a, dan Gyoku 3b ke 4a) adalah Tsumi. Lalu bagaimana dengan kemungkinan Uke yang keempat, yakni Gyoku 3b ke 3c? Jelas itu bukan Tsumi.

Setelah Gyoku sampai di petak 3c, maka Gyoku Gote dapat mengincar petak 2d (petak 2d adalah petak yang kuat buat Gote, karena dapat pengaruh dari 2 bidak Gote lainnya yakni Fu 2c dan Kin 1d) dan selanjutnya dapat bergerak bebas bukan? Untuk mencegah Gyoku Gote bebas (dimulai dengan menginjakkan kaki di petak 2d), maka Sente harus Drop Kin di 3e. Namun jelas itu bukan Ote, dan itu hanyalah Tsumero (dapat diubah menjadi Tsumi kemudian dengan cara Sente Drop Kin di 3b). Padahal untuk bisa menciptakan Tsumi, Sente harus secara terus menerus Ote sampai Ote nya tidak bisa di Uke Gote lagi.

Itulah mengapa Ote seperti pada gambar di atas adalah Ote dengan jenis ke 4, yakni Ote yang sebagian Uke nya dapat berbuah Tsumi dan sebagian lainnya dari kemungkinan Uke nya tidak akan berbuah menjadi Tsumi. Ote tersebut sekali lagi saya tegaskan adalah bukan Tsumi.
Anda boleh mencoba Ote jenis tersebut melawan pemain yang belum berpengalaman, dengan harapan lawan akan salah melakukan Uke (dan anda bisa menciptkan Tsumi). Namun jangan harap anda akan bisa menjebak lawan yang berpengalaman dengan Ote jenis itu ;)

Sekarang kita akan melihat contoh dari Ote jenis 3, yakni Ote yang semua Ukenya tidak berujung Tsumi. 
Keterangan gambar : Hisha Sente (3a), Gyoku Gote (5a), Kyo Gote (1a dan 4b), Gin Gote (6b), Kin Gote (5b), Kei Gote (3b), Fu Gote (6c, 5c, 4c, 3c, 2c, dan 1c). Bidak yang bisa di-Drop Sente tidak ada. Bidak yang bisa di Drop Gote ada 63 Fu, 1 Kei, dan 1 Kaku.
Gambar di atas terlihat Hisha Sente di 3a menyerang Gyoku Gote di 5a, Ote! Ote itu sendiri dapat di-Uke Gote dengan dua cara, yakni Drop Kei di 4a atau Drop Kaku di 4a. Adapun Gote tidak dapat Drop Fu di 4a karena aturan Nifu (aturan yang melarang Drop Fu di petak kosong yang masih terdapat Fu sendiri dalam File yang sama).
Apapun Uke Gote, Sente hanya menyisakan satu pilihan jika ingin Ote kembali, yakni dengan Hisha nya yang ada di 3a, tangkap bidak Gote di 4a (dan Nari). Dan setelah itu, Gote dipaksa untuk melakukan Uke satu-satunya, yakni Gyoku Gote 5a tangkap Ryu Sente 4a. Apapun yang ditangkap oleh Sente (dengan Hishanya), entah itu Keima atau Kaku, dengan posisi seperti gambar di atas (dengan perubahannya yakni Hisha Sente hilang, dan Gyoku Gote pindah ke 4a), Sente sudah tidak bisa membuat langkah Ote sama sekali.

Ini adalah contoh paling gampang untuk kasus Ote di mana semua Uke nya tidak mungkin menghasilkan Tsumi. Ote jenis ini adalah Ote yang paling banyak terjadi, dan terjadinya paling banyak di babak tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar