Halaman

Kamis, 10 November 2011

Pelajaran 3 : Pengaruh Bidak


Pada Pelajaran 1, anda sudah belajar tentang Arah Gerak dan Pengaruh dari tiap-tiap bidak. Anda pasti paham apa yang dimaksud dengan gerak tersebut. Ya, gerak artinya menggerakkan bidak dari petak asalnya ke petak kosong. Lalu apa yang dimaksud dengan pengaruh itu? Maksudnya, selain bergerak, setiap bidak juga dapat mempengaruhi petak sesuai AGP nya tersebut.
Apabila ada bidak lawan yang ada di petak yang dipengaruhi oleh bidak, maka bidak lawan itu dapat ditangkap oleh bidak yang mempengaruhi petak (yang jadi tempat pijakan bidak lawan) tersebut. Bidak lawan yang tertangkap akan diambil dari atas papan, dan diletakkan di samping pemain penangkap. Bidak lawan itu jadi milik pemain penangkap. Sementara bidak yang menangkap harus menempati petak yang tadinya ditempati oleh bidak lawan yang tertangkap itu. Untuk ilustrasinya silahkan lihat gambar 1 di bawah ini.
Gambar 1
Pada gambar 1 di atas, terlihat Fu Sente mempengaruhi petak 2b. Petak 2b sendiri ditempati oleh Keima Gote kan? Maka Fu Sente dapat menangkap Keima Gote yang ada di 2b. Apabila tertangkap, Keima Gote akan diangkat dari papan dan jadi milik Sente. Sementara posisi Fu Sente sekarang berpindah dari 2c ke 2b (gambar 2). 

  Gambar 2

Mungkin anda bisa saja bilang bahwa apabila ada bidak lawan di jalur pergerakan sebuah bidak, maka bidak lawan itu dapat ditangkap. Ya, itu benar. Lalu apa bedanya gerak dan pengaruh bidak? Mengapa harus disebut Arah Gerak dan Pengaruh bidak? Mengapa bukan Arah Gerak bidak saja?

Gerak dan pengaruh dalam bahasa strategi yang saya rumuskan adalah berbeda. Perbedaannya adalah bidak hanya dapat bergerak ke petak kosong atau petak yang berisi bidak lawan. Bidak tidak dapat bergerak ke petak yang berisi bidak kawannya. Sedangkan bicara soal pengaruh, kita katakana bidak mempengaruhi semua petak yang berada pada AGP nya, tanpa melihat apa petak itu kosong, berisi bidak kawan, atau bidak lawan. 
  Gambar 3
Keterangan : Gin Gote (2b), Keima Gote (3a), Fu Sente (2c), Fu Gote (1c)
Pada gambar 3 di atas, jika anda ditanya ke petak mana saja Gin Gote dapat bergerak, maka anda pasti tau jawabannya adalah ke petak 1a, 3c, 2c (tangkap Fu Sente). Gin Gote tidak dapat bergerak ke petak 3a dan 1c karena di kedua petak itu ada bidak Gote lainnya.
Tapi bila kita bicara soal petak mana saja yang dipengaruhi oleh Gin Gote itu, maka ada lima petak sesuai AGP nya, yakni petak 3a, 1a, 3c, 2c, dan 1c.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar