Halaman

Jumat, 18 November 2011

Pelajaran 12 : Belajar Mengenali Ote (Part 2)


Pada pelajaran kali ini, kita akan melanjutkan tentang jenis Ote yang kedua dan pertama. Ote jenis kedua adalah Ote yang semua Uke-nya dapat berbuah menjadi Tsumi.
Keterangan gambar : Kyo Sente (4e), Fu Sente (2d), Gin Sente (2c), Gyoku Gote (2b). Bidak yang dapat di Drop Sente : 1 Kin
Karena semua langkah Gote nantinya hanyalah Uke terhadap Ote Sente, dan tidak ada satupun Uke tersebut yang melibatkan Drop, maka bidak yang dapat di Drop Gote tidak perlu diperlihatkan.
Berdasarkan gambar di atas, Gin Sente 2c menyerang Gyoku Gote 2b (Ote!). Sebenarnya Gote masih dapat meng-Uke Ote ini dengan lima cara, namun semua langkah Ote Sente berikutnya dari masing-masing kemungkinan Uke Gote ini nantinya tidak akan lagi bisa di Uke oleh Gote. Itulah mengapa kita akan melihat semua kemungkinan Uke Gote akan berbuah menjadi Tsumi.

Kemungkinan Uke dari Gote :
-Gyoku 2b ke 2a. Dilanjutkan oleh Sente dengan Drop Kin di 2b dan Ote. Ote ini sudah tidak bisa lagi di Uke oleh Gote.
-Gyoku 2b ke 1a. Dilanjutkan oleh Sente dengan Drop Kin di 2b atau 1b dan Ote. Ote ini sudah tidak bisa lagi di Uke oleh Gote.
-Gyoku 2b ke 3a. Dilanjutkan oleh Sente dengan Drop Kin di 2b atau 3b dan Ote. Ote ini sudah tidak bisa lagi di Uke oleh Gote.
-Gyoku 2b ke 3c. Dilanjutkan oleh Sente dengan Drop Kin di 3d dan Ote. Ote ini sudah tidak bisa lagi di Uke oleh Gote.
-Gyoku 2b ke 1c. Dilanjutkan oleh Sente dengan Drop Kin di 1d dan Ote. Ote ini sudah tidak bisa lagi di Uke oleh Gote.
Terbukti kan? Semua Uke dari Gote berbuah juga menjadi Tsumi.

Kita akan lanjutkan melihat Ote jenis pertama, yakni Ote yang sama sekali tidak dapat di-Uke. 

Keterangan gambar : Tokin Sente (1c), Narigin Sente (2b), Gyoku Gote (1a).
Perhatikan gambar di atas! Narigin Sente 2b menyerang Gyoku Gote 1a (Ote). Ote tersebut sudah tidak dapat lagi di-Uke oleh Gote. Gyoku Gote tidak dapat kabur ke petak 2a dan 1b karena kedua petak itu dipengaruhi oleh Narigin Sente (petak 1b juga dipengaruhi Tokin Sente 1c). Gyoku Gote juga tidak dapat menangkap Narigin Sente 2b, karena dijaga oleh Tokin Sente 1c. Sementara tidak ada bidak Gote lain yang dapat menangkap Narigin Sente yang menyerang Gyoku Gote.

Kesimpulan :
-Ote jenis 4 (Ote yang sebagian kemungkinan Uke nya dapat berbuah Tsumi dan sebagian lainnya tidak dapat berbuah Tsumi) dan Ote jenis 3 (Ote yang semua kemungkinan Uke nya tidak dapat berbuah Tsumi) adalah bukan termasuk Tsumi.
-Ote jenis 2 (Ote yang semua kemungkinan Uke nya dapat berbuah Tsumi) dan Ote jenis 1 (Ote yang tidak dapat di Uke sama sekali atau sama saja dengan Finishing Blow) adalah termasuk Tsumi.
-Asumsi yang berlaku di pelajaran ini adalah, semua Ote dalam proses Tsumi adalah semua Ote yang benar (kea rah Tsumi). Kita tidak memperhitungkan apabila pemain penyerang (Semekata) melakukan kesalahan dengan memainkan langkah Ote yang salah yang malah menghilangkan peluang Tsuminya. Sedangkan bagi pemain bertahan (Ukekata), semua kemungkinan langkah Uke-nya dijabarkan satu per satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar