Halaman

Jumat, 18 November 2011

Pelajaran 13 : Secercah Harapan Bagi "Penderita Tsumi"


Apabila anda terkena Ote, dan setelah anda analisa Ote tersebut ternyata adalah Tsumi, kira-kira apa yang akan anda lakukan? Ada dua kemungkinan :
  1. menyerah (akan saya bahas di Pelajaran 14)
  2. “ngeyel”. Tetap main terus dengan memainkan langkah Uke terhadap Ote lawan (sampai Ote lawan benar-benar tidak bisa di-Uke) dan Uke yang anda mainkan adalah Uke terbaik. Dengan harapan, lawan anda (sebagai pemain penyerang) akan membuat kesalahan sendiri yakni dengan memainkan langkah Ote yang salah, sehingga Tsumi gagal terjadi. Atau harapannya malah lawan tidak membuat langkah Ote, sehingga setidaknya anda selamat dari Tsumi. Hal inilah yang akan saya bahas di Pelajaran 13.
Selain akan membahas tentang Uke yang terbaik dari semua kemungkinan Uke untuk setiap Otenya, pada pelajaran kali ini saya juga akan membahas tentang langkah Ote yang terbaik dari semua kemungkinan langkah Ote yang benar pada proses Tsumi.


Pada Pelajaran sebelumnya, Pelajaran 12, saya sudah membahas tentang Ote dan kemungkinan Ukenya. Pada pelajaran tersebut, Uke yang saya bahas adalah semua kemungkinan Uke dari setiap Ote-nya. Tapi saya belum membahas tentang manakah Uke terbaik dari semua kemungkinan Uke untuk setiap Ote-nya. Nah, anda akan temukan jawabannya di pelajaran kali ini. Simak baik-baik!

Saya beri teorinya dulu. Uke terbaik adalah :
  1. Uke yang membuat pemain penyerang (Semekata) memainkan langkah Ote dalam jumlah terbanyak dalam proses meraih Tsumi-nya
  2. apabila ada lebih dari 1 kemungkinan berdasarkan poin pertama di atas, maka Uke yang terbaik yang dipilih adalah yang membuat Semekata menggunakan jumlah bidak terbanyak di Drop Zone dan yang membuat Semekata menangkap bidak anda dalam jumlah yang paling sedikit (indikatornya adalah jumlah bidak yang ada di Drop Zone) 
  3. apabila ada lebih dari 1 kemungkinan berdasarkan poin kedua di atas, maka semua kemungkinan itu adalah Uke terbaik.
Keterangan gambar : Fu Sente (7c, 5d, dan 3d), Gin Sente (5c), Kei Sente (1d), Fu Gote (6c dan 4c), Gin Gote (7a), Gyoku Gote (5b). Bidak yang dapat di Drop Sente adalah 1 Gin.
Karena semua langkah Gote nantinya hanyalah Uke terhadap Ote Sente, dan tidak ada satupun Uke tersebut yang melibatkan Drop, maka bidak yang dapat di Drop Gote tidak perlu diperlihatkan.
Berdasarkan gambar tersebut, ada 3 kemungkinan Uke yang bisa dimainkan oleh Gote atas Ote Sente (Gin Sente 5c menyerang Gyoku 5b). Tiga kemungkinan tersebut adalah :
  1. Gyoku Gote 5b ke 6a
  2. Gyoku Gote 5b ke 5a
  3. Gyoku Gote 5b ke 4a
Apapun Uke yang dipilih Gote sebenarnya tidak akan berguna juga karena semuanya pasti berujung pada Tsumi. Namun Gote punya peluang yakni dengan berharap Sente melakukan kesalahan Ote pada proses Tsumi nya. Syaratnya, Gote harus memainkan Uke yang terbaik dari 3 kemungkinan tersebut. Masalahnya, Uke yang mana yang terbaik? Baiklah mari kita analisa bersama!

Gyoku Gote 5b ke 6a
Apabila Gote memilih Uke ini, maka Sente akan memainkan Ote terbaiknya yakni Drop Gin di 5b (Ote). Ote tersebut sudah tidak dapat lagi di-Uke oleh Gote, sehingga dengan Uke yang ini, Sente hanya butuh 1 Ote dalam proses Tsumi-nya.

Gyoku Gote 5b ke 5a
Apabila Gote memilih Uke ini, maka Sente akan memainkan Ote terbaiknya yakni Drop Gin di 5b (Ote). Ote tersebut sudah tidak dapat lagi di-Uke oleh Gote, sehingga dengan Uke yang ini, Sente hanya butuh 1 Ote dalam proses Tsumi-nya.

Gyoku Gote 5b ke 4a
Apabila Gote memilih Uke ini, maka Sente akan memainkan Ote terbaiknya yakni Drop Gin di 4b (Ote pertama). Ote ini masih dapat di-Uke, walau hanya dengan satu cara yakni Gyoku 4a ke 3b. Setelah itu Sente akan memainkan langkah terbaiknya yakni Fu 3d ke 3c Nari (Ote kedua). Ote kedua ini juga masih bisa di-Uke, walau lagi-lagi hanya dengan satu cara yakni Gyoku 3b ke 2a. Dan berikutnya langkah terbaik Sente adalah Tokin 3c ke 2b atau Keima 1d ke 2b Nari (Ote ketiga). Ote yang ketiga ini barulah tidak bisa di-Uke sama sekali oleh Gote. Ote yang tidak bisa di-Uke sama sekali ini, seperti yang sudah anda pelajari pada pelajaran-pelajaran sebelumnya, dapat kita sebut juga sebagai FB (Finishing Blow).  

Kesimpulannya :
  1. apabila Gote memilih “Gyoku Gote 5b ke 6a” sebagai Uke, maka Sente hanya butuh 1 Ote dalam proses Tsuminya
  2. apabila Gote memilih “Gyoku Gote 5b ke 5a” sebagai Uke, maka Sente hanya butuh 1 Ote dalam proses Tsuminya
  3. apabila Gote memilih “Gyoku Gote 5b ke 4a” sebagai Uke, maka Sente butuh 3 Ote beruntun dalam proses Tsuminya
Dari kesimpulan di atas, anda pasti sudah tau mana Uke yang terbaik. Ya benar sekali! Gyoku Gote 5b ke 4a adalah Uke terbaik, karena mampu memaksa Sente membutuhkan 3 Ote beruntun dalam proses Tsuminya.

Di dalam mencari Uke terbaik ini, ada sebuah asumsi yang berlaku. Asumsi tersebut adalah, bahwa pemain penyerang (Semekata) memainkan Ote terbaik dari semua kemungkinan Ote yang benar dalam proses Tsumi. Dan akan langsung saya bahas tentang ini. Namun sebelumnya saya akan berikan teorinya dulu :

Ote terbaik dalam proses Tsumi :
  1. yang diseleksi hanyalah semua kemungkinan Ote yang benar (yang semua Uke nya dapat berbuah Tsumi atau bahkan Ote yang tidak bisa di-Uke sama sekali). Ote yang tidak dapat menciptakan Tsumi tidak akan diikutsertakan.
  2. Setelah dikumpulkan pilihan Ote yang benar itu, carilah Ote yang untuk menuju Tsumi dibutuhkan Ote beruntun dalam jumlah paling sedikit. Tentu saja ini adalah kebalikan dari mencari Uke terbaik, di mana Uke terbaik adalah Uke yang memaksa Semekata memainkan Ote beruntun terbanyak dalam proses Tsumi. 
  3. Apabila berdasarkan poin dua ada lebih dari satu kemungkinan, maka pilihlah Ote yang yang membutuhkan penggunaan bidak di Drop Zone paling sedikit. 

Keterangan gambar : Fu Sente (7c, 5d, dan 3d), Gin Sente (5c dan 4b), Kei Sente (1d), Fu Gote (6c dan 4c), Gin Gote (7a), Gyoku Gote (3b).
Karena tidak ada Drop yang dibutuhkan pada proses berdasarkan gambar di atas, maka bidak yang dapat di Drop Sente maupun Gote tidak perlu diperlihatkan.
Berdasarkan gambar di atas, saya bisa pastikan ada dua kemungkinan langkah Ote dari Sente yang benar (yang menyebabkan Tsumi). Kedua langkah tersebut adalah :
  1. Gin 4b ke 3c Nari (ini dihitung sebagai Ote pertama)
  2. Fu 3d ke 3c Nari (ini dihitung sebagai Ote pertama)
Yang jadi persoalan adalah, mana yang merupakan langkah Ote yang terbaik? Ini dia analisanya

Gin 4b ke 3c Nari … Ote! (Ote pertama)
Sebagai Uke-nya ada 3 kemungkinan, namun Uke terbaik Gote bisa dipastikan adalah Gyoku 3b ke 3a. Setelah ini ada 2 alternatif. Alternatif pertama, Sente menggerakkan Gin 5c ke 4b (Nari atau Narazu sama saja) dan ini akan menjadi Ote kedua. Ote ini masih bisa di Uke Gote dengan Gyoku 3a ke 2a. Namun setelah langkah itu, Sente akan memainkan langkah Ote nya yakni Keima 1d ke 2b Nari dan ini akan menjadi Ote ketiga. Ote yang ini adalah Finishing Blow karena Gote sudah tidak bisa meng-Uke nya lagi.
Alternatif kedua, Sente menggerakkan Keima 1d ke 2b Nari, dan ini adalah Ote kedua. Ote ini masih bisa di Uke oleh Gote dengan Gyoku 3a ke 4a. Namun setelah langkah itu, Sente akan memainkan langkah Ote nya yakni Gin 5c ke 4b Nari dan ini menjadi Ote ketiga. Ote ini adalah Finishing Blow karena Gote sudah tidak bisa meng-Uke nya lagi.
Total Ote beruntun yang dibutuhkan untuk menjadi Tsumi, pada pilihan langkah Ote Gin 4b ke 3c Nari, adalah 3 Ote beruntun (Dengan catatan : Gin 4b ke 3c Nari dianggap sebagai Ote pertama).

Fu 3d ke 3c Nari … Ote! (Ote pertama)
Hanya ada satu kemungkinan Uke untuk Ote pertama ini, yakni Gyoku Gote 3b ke 2a. Dan langkah berikutnya adalah Keima Sente 1d ke 2b Nari adalah Ote kedua. Ote kedua ini adalah Finishing Blow, karena sudah tidak bisa lagi di Uke oleh Gote. Total Ote beruntun yang dibutuhkan dalam proses Tsuminya adalah 2.

Kesimpulan :
Fu 3d ke 3c Nari adalah langkah terbaik Sente berdasarkan gambar di atas, karena total Ote beruntun yang diperlukan dalam proses Tsumi nya hanya 2 (dibandingkan dengan 3 Ote beruntun yang diperlukan pada langkah Gin 4b ke 3c Nari).
Lagi-lagi, di sini juga berlaku asumsi. Namun asumsinya kali ini adalah bahwa langkah Uke yang dimainkan Ukekata (pemain bertahan) adalah langkah Uke terbaik.

Anda mungkin bisa saja berkata : “mengapa saya harus memainkan Ote terbaik dalam proses Tsumi? Tidakkah cukup untuk memainkan Ote yang benar saja? Artinya jika ada dua atau lebih kemungkinan Ote yang benar dalam proses Tsumi apapun yang saya pilih ya sah-sah saja kan?”. Pemikiran anda memang tidak salah. Apalagi jika anda sangat percaya diri dan yakin dapat tanpa melakukan kesalahan dalam memainkan proses Tsumi nya. Hanya saja memainkan Ote terbaik dari kemungkinan Ote yang benar ini memiliki beberapa keuntungan :
  1. Meminimalisasi kemungkinan anda melakukan kesalahan dalam proses Tsumi. Anda boleh saja percaya diri bahwa dengan proses Tsumi yang paling panjang (Tsumi yang membutuhkan Ote beruntun yang paling banyak) anda tetap bisa melakukannya tanpa “kecelakaan”. Tapi tetap saja sebagai manusia, kita tidak pernah luput dari kesalahan bukan? ;)
  2. Menandakan anda berpikir. Ini adalah style dari para pemain professional Shougi dan pemain Shougi amatir yang kuat. Jika anda mampu memainkan Ote terbaik dari pilihan Ote yang benar dalam proses penciptaan Tsumi ini, semua orang akan menganggap anda sebagai pemain Shougi yang kuat. Anda akan disegani. Dan ini akan menambah rasa percaya diri anda sebagai pemain Shougi.
  3. Mengantisipasi lawan yang “ngeyel”. Banyak pemain Shougi yang sukanya ngeyel. Sudah tau Gyokunya terkena Ote dan dia juga tau Ote itu Tsumi. Tapi dia masih terus memainkan Uke nya karena masih bisa meng-Uke. Dia baru mau menyerah ketika Ote lawannya sudah tidak bisa dia Uke lagi. Nah, memainkan Ote terbaik dari kemungkinan Ote yang benar ini akan membuat perlawanan si tukang ngeyel ini selesai lebih cepat. Anda pasti akan kesal berlama-lama melawan pemain yang tukang ngeyel ini. Kecuali jika memang anda juga bertipe ngeyel :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar