Halaman

Kamis, 10 November 2011

Pelajaran 2 : Papan Shougi


Papan Shougi terdiri atas 81 petak, yang disusun 9x9. Deret vertical (tegak) disebut File, sedangkan deret horizontal (mendatar) disebut Rank. Istilah Jepangnya untuk deret tegak (File) adalah Suji, sementara istilah Jepangnya untuk deret mendatar (Rank) adalah Dan. Anda boleh mempergunakan istilah Suji serta Dan, tapi dalam pelajaran di sini saya akan mempergunakan istilah File dan Rank saja.
 
Tiap petak pada papan Shougi memiliki nama sesuai koordinatnya. Misal, petak paling kanan atas pada gambar papan Shougi di atas, dinamakan petak 1a. Ingat, ketika menyebut petak selalu sebut koordinat yang mendatar dulu, dan baru sebut yang koordinat vertikalnya kemudian.

Ada dua macam koordinat, yakni koordinat Internasional dan koordinat Jepang. Koordinat Internasional sendiri menggunakan kombinasi angka dan huruf. Angka selalu yang mendatar, sedangkan huruf selalu yang tegak (seperti contoh gambar papan Shougi di atas). Ketika menyebut koordinat ini, ketentuannya adalah harus sebut yang mendatar dulu baru yang tegak. Jadi pada koordinat Internasional kita menyebutnya petak 1a dan bukan a1.
Adapun untuk koordinat Jepang biasanya menggunakan angka dan kanji. Kanjinya sendiri juga merujuk pada angka, sehingga bisa dikatakan koordinat Jepang menggunakan kombinasi angka dan angka. Dan tetap saja koordinat yang mendatar akan disebut lebih dulu daripada koordinat tegak. Pada koordinat Jepang kita menyebut angkanya dengan bahasa Jepang, contohnya petak paling kanan atas sesuai gambar di atas disebut petak ichi-ichi (ichi berarti satu dalam bahasa Jepang).

Jika anda melihat papan Shougi yang asli, maka anda tidak akan menemukan koordinat. Tapi anda tidak mungkin keliru menamai petaknya karena peletakan petak 1a sudah dibakukan. Petak 1a selalu ada di posisi awal dari Kyosha sebelah kiri dari pemain yang jalan belakangan. Pemain yang jalan belakangan ini dalam istilah Jepangnya disebut Gote. Itu artinya, dari sudut pandang Gote, petak 1a ada di bagian kiri bawah papan. Sedangkan dari sudut pandang Sente (pemain yang jalan duluan), petak 1a ada di bagian kanan atas papan. Selanjutnya anda pasti bisa menemukan nama-nama petak lainnya karena anda sudah tau bahwa koordinat angka ditulis yang mendatar, sedangkan huruf yang tegak (dan menyebutnya harus yang mendatar dulu baru yang tegak).

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa Sente adalah pemain yang jalan duluan sedangkan Gote adalah pemain lawannya alias pemain yang jalan setelah Sente. Terkait dengan Sente dan Gote ini, setiap software Shougi selalu menggunakan asumsi yang sama. Asumsi tersebut adalah Sente akan berada di bagian bawah papan, sedangkan Gote akan berada di bagian atas papan untuk penempatan awalnya. Itu artinya sama saja dalam setiap software ini yang digunakan adalah sudut pandang Sente. Gerakan maju sama saja dengan ke atas untuk Sente, dan gerakan mundurnya adalah ke bawah. Sebaliknya untuk Gote,

Dan untuk tutorial ini, kita akan mempergunakan asumsi yang sama dengan asumsi Software. Itu artinya, petak 1a nanti akan selalu ada di kanan atas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar